Penyebab Kulkas mendadak tidak dingin

Ada banyak cara untuk mengetahui penyebab kulkas tidak dingin. Salah satunya yaitu dengan mengecek seluruh komponen apakah dalam kondisi baik alias tidak ada yang rusak. Tentu ini bukan masalah yang gampang jika anda bukanlah seorang teknisi, atau seseorang yang tidak mengetahui masalah kulkas.
Kerusakan yang terjadi pada kulkas biasanya ada yang di tandai dengan suara mesin berdengung keras, evaporator bocor ketusuk benda tajam, dan tidak sedikit juga yang secara tiba-tiba kulkas tidak dingin. Mungkin anda akan merasa panik jika mengalami seperti ini, karena makanan yang ada di dalam kulkas masih banyak, dan anda takut kalau nantinya jadi busuk / basi semua.


Namun sekarang anda tidak perlu panik lagi, karena pada artikel ini akan mengupas berberapa faktor yang menjadi penyebab kulkas dingin. Untuk jenis kulkas sendiri ada 2 macam, yaitu kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Yang tentunya masalah juga berbeda-beda.

PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN

1 Evaporator Bocor
Evaporator bocor bisa mengakibatkan kulkas tidak dingin. Karena gas freon pasti akan keluar semua, biasanya ini di sebabkan karena terkena tusukan benda tajam. Misalnya anda kesulitan saat mengambil es batu, karena ada bunga es terlalu banyak, kemudian anda memakai pisau sehingga tidak anda sadari pisau tersebut mengenai evaporator. Untuk tips anda bisa baca artikel cara merawat kulkas yang benar.
2 Thermostat Putus Alias Tidak Berfungsi
Pada kulkas terdapat otomatis pengatur suhu yang namanya Thermostat. Dan jika thermostat ini putus, tentu kompresor tidak akan mendapat kiriman listrik. Sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Jangan lupa juga baca fungsi thermostat pada kulkas.
3 Overload Rusak
Overload ini letaknya menempel pada kompresor. Alat ini berfungsi sebagai otomatis atau semacam relay. Jika terjadi panas berlebih pada kompresor, makan overload ini akan memutus arus yang masuk ke kompresor. Sehinga ini menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Baca selengkapnya pada artikel fungsi dan cara kerja overload kulkas.
4 Terjadi Buntu / Mampet Pada Instalasi Freon
Masalah seperti ini biasa terjadi pada semua jenis pendingin, baik freezer, chiller, upright freezer. Gejalanya yaitu kondensor jika anda pegang bagian samping kanan kiri atau belakang kulkas tidak terasa panas sama sekali.Hal ini disebabkan karena sirkulasi freon mampet pada pipa kapiler.
5 Pintu Kulkas Tidak Rapat Saat di Tutup
Pintu kulkas yang longgar juga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Karena hawa dingin yang ada dalam kulkas akan selalu keluar. Biasanya hal ini terjadi karena antara magnet dan karet pintu kulkas sudah tidak lengket lagi. Solusinya anda bisa ganti karet pintu tersebut dengan yang baru.
6 Kompresor Lemah / Ampere Tinggi
Kompresor adalah jantung dari semua komponen pada kulkas, sehingga jika ini lemah atau mati kulkas tidak bisa dingin sebagai mana fungsi utamanya. Untuk solusinya anda bisa ganti kompresor baru, atau yang second tapi masih 90% normal.

PENYEBAB KULKAS 2 PINTU TIDAK DINGIN

Penyebab-penyebab yang membuat kulkas 1 pintu tidak dingin juga bisa terjadi pada kulkas 2 pintu, namun ada berberapa komponen kulkas yang tidak pada kulkas 1 pintu, dan hanya ada pada kulkas 2 pintu yang menyebabkan tidak dingin.
1 Timer Sudah Tidak Normal
Ini maksudnya yaitu timer otomatis sudah tidak bisa berputar dengan sempurna. Timer ini berfungsi untuk mengatur semua komponen pada kulkas. Alat ini pun hanya terdapat pada kulkas 2 pintu, dan jika timer ini rusak juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk lebih lanjut bisa baca pengertian dan fungsi timer pada kulkas.
2 Kipas FAN Rusak Alias tidak Berputar
Kipas fan rusak atau tidak berputar menyebabkan dingin yang ada pada evaporator tidak bisa menyebar ke dalam ruangan kulkas, sehingga pada bagian freezer akan mengalami ngeblok jadi es semu. Tentu ini juga bisa mengakibatkan kulkas anda tidak dingin. Kipas FAN yang saya maksud ini yaitu kipas FAN yang ada pada bagian freezer maupun yang di bawah dekat kompresor. Ini juga hanya terdapat kulkas 2 pintu atau kulkas ukuran besar.
3 Fuse / Heater Putus
Fuse ini letaknya di dalam bagian freezer atas, ini berfungsi untuk mencairkan bunga es. Jika fuse ini rusak maka juga dapat mengakibatkan bunga es yang terlalu banyak, sehingga kulkas tidak bisa dingin.