9 CARA AMPUH PERBAIKAN KOMPRESOR MACET/PANAS


Pada kesempatan kali ini akan saya bahas tentang cara perbaiki mesin compressor macet beserta penyebabnya, namun alangkah baiknya jika kita mengetahui secara detail fungsi mesin compressor pada lemari pendingin kulkas freezer showcase.


Apasih mesin Compressor itu ?
Alat ini bisa di bilang sebagai pompa, mesin compressor merupakan alat untuk memompa gas freon ( refrigrant ) keseluruh bagian sistem pemipaan lemari pendingin.

Mesin compressor menyirkulasikan gas freon melalui pipa discharge ke pipa kondensor dengan tekanan dan panas tinggi dan menghisap gas freon melalui pipa suction bertekanan rendah.

Fungsi compressor menekan di pipa discharge agar pada saat melalui U pipa kondensor gas mengalami kondensasi dari gas menjadi embun yang selanjutnya menuju filter untuk proses penyaringan dari berbagai kotoran kerak, gesekan besi, baik dari mesin compressor maupun pipa kondensor.

Gas freon yang mengalami pengembunan namun masih bertekanan tinggi dan sudah disaring dari berbagai jenis kotoran, selanjutnya menuju pipa kapiler dengan diameter lubang 0, 28 - 0, 31 mm dan panjangnya kurang lebih 2 meter, berubah menjadi gas cair dengan tekanan rendah.

Gas freon ( refrigrant ) selanjutnya menuju ke pipa evaporator yang berupa cairan lalu dihisap kembali melalui pipa suction menyebabkan gas cair mengalami evaporasi, yaitu berubahnya wujud cairan gas menjadi gas.

Perubahan gas cair menjadi gas sambil membawa energi panas dari pipa maupun ruang pendinginan kembali ke mesin compressor secara kontinyu sehingga suhu ruang pendinginan turun ( dingin ). Proses ini secara terus menerus sampai pengatur suhu ( thermostat ) memutus arus listrik ke mesin compressor sesuai suhu yang telah ditentukan.

Dengan mengetahui seberapa berat kerja mesin compressor, maka untuk kerusakan sangat mungkin terjadi salah satunya macet.

Penyebab mesin compressor macet :

  1. PANAS ( Over Heat ). Temperatur tinggi menyebabkan mesin compressor terjadi kemacetan pada pompa piston. Penyebab panas tinggi bisa dikarenakan voltase listrik tidak setabil, oli berkurang, maupun beban pendinginan terlalu berat.
  2. GAS FREON ( refrigrant ). Sirkulasi pada gas freon terhambat ( buntu ) atau bocor menyebabkan kerja mesin compressor terlalu berat karena suhu pendinginan gagal. Thermostat tidak akan memutus arus ke mesin compressor bila suhu dingin yang dikehendaki belum tercapai, maka compressor akan hidup terus menerus yang menyebabkan panas berlebih sehingga untuk kerusakan pada lilitan motor ataupun macet bisa terjadi.
  3. AIR DARI KEBOCORAN PIPA EVAPORATOR. Penyebab utama compressor macet terutama pada kulkas 1 pintu dan freezer box maupun freezer rak terjadi akibat kebocoran gas freon pada saat membersihkan bunga es dengan pisau atau obeng sehingga pipa evaporator bocor. Gas freon akan keluar melalui lubang kebocoran bersama oli, bila dibiarkan hidup terus menerus compressor akan menghisap masuk air es dari lubang menuju mesin yang menyebabkan oli sebagai pelumas tercampur oli menyebabkan macet.



Apakah mesin compressor macet bisa diperbaiki ?

Gimana cara memperbaiki mesin compressor macet ?

Pertanyaan seperti ini sering kali dilontarkan bagi yang sedang menghadapi masalah mesin compressor macet.

Jawaban apa yang saya berikan..... saran saya ganti dengan mesin compressor baru.

Loh, apa mesin compressor macet sudah tidak bisa lagi diperbaiki ?

Apakah tidak ada solusinya ?

Oh tentu saja bisa, namun mesin compressor macet pasti ada cacatnya walaupun sekecil apapun bisa mengurangi umur / keawetannya.

 Compressor kulkas freezer chiler atau showcase macet bisa diatasi dengan menambah capasitor starting ataupun running bila beruntung bisa jalan kembali atau dengan membalik arah putaran motor bisa mengatasi compressor macet.

Kali ini akan saya beritahu cara memperbaiki mesin compressor yang macet agar bisa awet tahan lama, namun cara ini tidak ada jaminan untuk sukses. Tidak ada salahnya Anda mencoba, karena harga mesin compressor cukup tinggi kan 😁😁😁

Simak baik-baik ya.....


CARA MEMPERBAIKI MESIN COMPRESSOR KULKAS FREEZER CHILLER SHOWCASE MACET

Berikut ini langkah-langkah dalam memperbaiki kerusakan mesin compressor.

Langkah Pertama
Buang semua oli melalui kedua pipa hisap dengan cara lubang pipa hisap berada dibawah agar keluar dengan sendirinya.

Langkah Kedua
Belah mesin compressor seperti pada gambar diatas, yaitu memotong melingkar tepat dibawah bekas las dengan gergaji besi untuk pertama kali mencoba.

Ingat.....!!! Jangan sampai tembus, karena ada dua plat besi bagian atas dan bawah.

Tandai terlebih dahulu yang akan di belah agar nantinya saat di kembalikan bisa pas seperti semula.

Langkah Ketiga
Setelah berhasil dibuka, cari letak as setang piston beserta pistonnya lalu tuangkan oli compressor tepat diatasnya.

Langkah Keempat
Ketuk pelan pelan pada kedua gambar panah diatas secara bergantian sambil tuangkan oli diatasnya sampai bergerak.

Langkah Kelima
Bila setang piston bersama piston bergerak, coba putar dengan tangan secara berlahan sambil tuangkan oli dikit demi sedikit agar bisa berputar lancar kembali.

Langkah Keenam
Bila putaran as lancar ringan beserta pistonnya, langkah selanjutnya pasang PTC Relay beserta overload dan hubungkan ke listrik apakah benar-benar berputar lancar sambil buka tutup pipa tekan.

Langkah Ketujuh
Buka tutup pipa tekan dan selanjutnya tutup dengan tangan ( ibu jari ) lubang pipa tekan kuat kuat, bila compressor dalam keadaan baik maka tangan kita tidak mampu menutup pipa tekan.
Terakhir tutup pipa tekan dengan kuat lalu cabut aliran listrik, apakah tekanan berkurang atau masih menekan kuat, karena kerusakan compressor macet bisa jadi kompresi akan berkurang karena piston sudah barit atau lecet.

Langkah Kedelapan
Tutup kembali dan las sambungan penutup compressor dengan las listrik dengan rapat agar tidak bocor saat pengisian gas freon nantinya.

Langkah ke Sembilan
Apabila semua langkah di atas tidak berhasil di lakukan untuk mengatasi kerusakan kompresor macet,,segera bergegas ke toko sperpart AC/Kulkas untuk pengadaan kompresor baru :D heheheheh